RSUD A.M. Parikesit | Konsultasi Kesehatan
Konsultasi Kesehatan
Perihal: keluhan berhubungan
permisi dok,,

saya lia, mau tanya. saya punya riwayat masih SD kls 5 di perkosa anak SMP. trs slama 15 tahun saya hidup layaknya org biasax. belum lama saya menikah. tp kenapa saat pertama berhubungan dgn suami kok sakit banget dokter. suami susah menekan alat vitalx masuk karna saya merasakan kesakitan dan tidak bisa menerima. tiap kali coba melakukan hubungan dan masih skit dokter....pernah cek ke dokter alat kelamin d periksa gk ada masalah. hanya keputihan yg banyak. dan USG ada kista coklat. tp berhubungan kok sakit banget dok. gk ada rasa nafsu/ birahi yg saya rasakan...

apakah ada penyakit saya atau apa dokter???


lia - guntarano

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu sampaikan kepada kami.

Dari keluhan yang Ibu rasakan nyeri saat berhubungan badan disebut dengan istilah Dispareuni. Keluhan seperti ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya dari yang Ibu ceritakan adalah infeksi pada genetalia yang ditandai dengan adanya keputihan dan yang lainnya adalah riwayat kista coklat (endometriosis).

Kedua masalah ini sebaiknya di terapi dahulu sebelum mencari faktor penyebab yang lain, sedangkan hilangnya rasa birahi bisa jadi disebabkan ketakutan ibu akan rasa sakit yang muncul saat berhubungan badan.

Terima kasih


dr. Aisyah Radiallah, Sp. OG
Perihal: Konsultasi Anak
Mau Nanya...
Anak saya Laki-Laki, umurnya 4,5thn.
yang mau saya tanyakan, pada lubang hidung kanannya terdapat seperti sesuatu yang berwarna kuning kental (bukan ingus) seperti menempel, sya baru melihat setelah 2 hari ini. dan pada saat ini sesuatu menjadi agak ke orange warnanya, dalamnya sekitar 1 ruas dari di dalam hidung.

awalnya anak saya emang terkena flu dan dia sering memasukkan jarinya ke lobang hidung.
apa ya kira-kira itu dok... trims...


Lia Sari - Lai

Terima kasih atas pertanyaan yang ibu sampaikan kepada kami. Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dilihat pemeriksaan fisik pada putra ibu.

Pertama untuk memastikan apakah ada sesuatu yang menempel di hidung tersebut yang patologis atau tidak. Kedua, memastikan anatomi hidung berubah atau tidak.

Jika hasil pemeriksaan hidung dapat dilakukan dengan cermat , maka dapat mengetahui gejala yang terjadi. Apakah efek dari inflamasi atau radang, infeksi atau mungkin juga patologis seperti polip. Disarankan untuk membawa ke klinik THT untuk pemeriksaan lebih lanjut sehingga kami dapat membantu memastikan ada apa di hidung putra ibu. Terima kasih.


dr. Rajiman, M. Kes. Sp. THT-KL
Perihal: kelamin
Beberapa hari ini saya mengalami disfungsi ereksi dok. Yg mau sy tnya kan. Apa penyebab, dan bagaimana cara mengatasi nya. Terimakasih.

Edi - kota bangun

Terima kasih atas pertanyaan saudara di website kami.
Kami dari RSUD AM Parikesit selalu berkomitmen melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan seorang pria mempertahankan ereksi (ketegangan penis) untuk melakukan senggama (hubungan badan) yang memuaskan.

Penyebab tersebut adalah faktor psikologis. Faktor yang lain yaitu gangguan organik maupun campuran antara gangguan psikologis dan organik. Faktor psikologis disebabkan oleh faktor stress dan depresi, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis jiwa. Faktor organik hanya disebabkan oleh kebiasaan merokok dan adanya penyakit kencing manis serta gangguan jantung. Hindari merokok dan sebaiknya melakukan pemeriksaan laboratorium atau medical check up untuk mengetahui status kesehatan anda.


dr. Irwan Daido, M. Kes. SpOG
Perihal: sakit punggung menahun
Dok, sya berumur 30 th dan sudah menderita sakit punggung sekitar 3 tahun, saya sudah berulang kali berobat ke puskesmas hanya diberi obat pereda nyeri dan setelah itu sakitnya terus berlanjut. kira2 langkah apa yg harus saya lakukan untuk mengetahui dan mengobati sakit yg ada pada punggung saya. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

itha - Jl. Loa Ipuh Tenggarong

Untuk Ita di Tenggarong, terima kasih atas konsultasinya.

Pertama harus diperjelas terlebih dahulu nyeri punggungnya dari atas atau bawah, apakah ada tanda-tanda penyakit penyerta lain seperti batuk yang lama, gangguan BAB & BAK, gangguan kebas/kesemutan pada kaki apakah dijumpai.

Jadi saran saya lebih baik kontrol/diperiksakan ke Rumah Sakit pada klinik Neurologi/Saraf supaya dapat diperiksa lebih teliti atau dilakukan pemeriksaan penunjang seperti foto vertebra,dan lain-lain.

Terima kasih


dr. Suherman, Sp. S
Perihal: Konsultasi Kandungan
Perkenalkan saya endang setianingsih di Tenggarong sebrang
saya mau tanya, saya menikah tanggal 5 april tahun lalu,bulan juli saya sempat hamil sampai 8 minggu dan keguguran karena sering kecapek an, setelah keguguran hingga sekarang siklus haid saya tidak teratur paling cepat 6 minggu,paling lama 7 minggu,saya lum ada hamil lagi,apa mungkin saya bisa hamil lagi??
mohon penjelasannya,
terima kasih..


endang setianingsih - Jl.Pemuda Kel.Bukit Pariaman kec.Tenggarong Seberang

Terima kasih Ibu Endang Setianingsih di Tenggarong Seberang.

Siklus haid adalah daur menstruasi yang tiap bulan dialami wanita ketika masih dalam usia produktif. Haid merupakan peluruhan dinding dalam Rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh yang berlangsung setiap bulan.

Siklus haid normal terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan lama haid 3-7 hari, jumlah darah haid kurang lebih 40-50 ml. siklus Ibu yang 6-7 minggu atau lebih dari 35 hari adalah siklus haid yang tidak normal sehingga mempengaruhi tingkat kesuburan ibu. Kemungkinan bisa karena gangguan anatomi atau hormonal dari ibu sehingga mengakibatkan sulit hamil.

Oleh karena itu diperlukan konsultasi langsung - pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter spesialis kandungan Ibu.


dr. Bernardus Dirgantoro, Sp. OG
Perihal: Nyeri Pinggang
Permisi dokter, saya Utami, 18 tahun. Saya ingin bertanya. Saya sering mengalami sakit pinggang (Nyeri ini sudah berlangsung ketika saya masih SMA sampai sekarang). Jika saya terlalu lama duduk atau jongkok, ketika berdiri badan terasa kaku. Kira-kira apa yang terjadi dengan saya dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih, dok.

Utami - Jl. Danau Aji

Sebaiknya ke klinik penyakit dalam untuk memeriksakan lengkap seperti laboratorium dan USG Abdomen serta foto rontgen tulang belakang.
Untuk mengatasinya, sementara ini minum obat anti nyeri dan segera mungkin kontrol ke klinik Penyakit Dalam di RSUD A.M. Parikesit

Terima kasih, Salam Sehat

dr. Christofel K. Tooy, Sp. PD.,FINASIM
Perihal: konsultasi syaraf
permisi dokter, saya seorang mahasiswi semester 3, saya sering sakit kepala,sudah minum obat sakit kepala tapi masih tetap tidak ada perubahan, sakit kepala saya kira-kira dimulai dari kelas 2 SMA ,kira-kira saya kenapa yah? mohon pencerahannya dok.. saya sudah beberapa kali ke puskesmas, tpi disuruh ke dokter spesialis syaraf, jujur saya saya takut kalo ke prakter dokter spesialis,selain itu takut dana berobat nya mahal..

windi - jl. galunggung 1

Untuk Saudari Windi yang terhormat, Terima kasih atas konsultasi dan pertanyaannya.

Nyeri kepala adalah masalah umum dengan prevalensi hampir 90% dan merupakan alasan orang datang untuk berobat. Nyeri kepala adalah suatu rasa nyeri atau rasa yang tidak enak pada daerah kepala termasuk meliputi wajah dan tengkuk leher. Salah satu jenis nyeri kepala yang sering dikeluhkan adalah nyeri kepala Tension Type Headache ( TTH ) atau nyeri kepala tipe tegang dengan karakteristik kedua sisi kepala seperti diremas dengan kencang tapi tidak disertai gejala lain ( tidak mual, muntah,sensitif cahaya dan lain lainnya ). Nyeri kepala berikutnya adalah nyeri kepala sebelah atau migren. Serangan nyeri kepala migren terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba- tiba. Penderita migren akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukul dan ditarik tarik serta biasanya disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderita cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan.Hal ini tentu amat mengganggu dan bisa menghambat segala aktifitas penderita.

Nyeri kepala sebagian besar bersifat primer yaitu tanpa penyakit yang mendasarinya seperti nyeri kepala tipe tegang, migren dan nyeri kepala klaster. Meskipun demikian ada juga nyeri kepala yang disebabkan oleh sebuah proses yang mendasari penyakit atau kondisi atau biasa disebut nyeri kepala sekunder, dimana kondisi ini harus menjadi fokus awal dalam evaluasi diagnostik nyeri kepala. Manifestasi dari penyakit sistemik dapat membantu dalam diagnosis penyebab nyeri kepala dan harus selalu dicari. Karena jika sampai terlambat bisa berakibat fatal.

Kami persilahkan datang dan berobat ke poli Syaraf RSUD AM Parikesit. Kami siap mengevaluasi keluhan saudari. Untuk masalah pembiayaan sangat relatif tergantung pemeriksaaan penunjang yang dibutuhkan. Bila diperlukan pemeriksaaan penunjang, tentunya disesuaikan dengan hasil anamnesa dan pemeriksaan fisik. RSUD AM Parikesit bekerjasama dengan beberapa asuransi kesehatan seperti BPJS,Jamkesda dll.( Syarat dan ketentuan berlaku).

Terima kasih,
Salam

dr. Ibnoe Soedjarto, M. Si. Med., Sp. S
Perihal: pelayanan
saya mau bertanya, kenapa kami mau bertanya samadokter tentang keluhan, selalu ada
saja salah satu oknum dokter yang hanya menjawab sekedar nya,,padahal kami perlu lebih jelas
tentang penyakit,,jngan hanya kami pakai jamkesda seolah2 hanya apa adanya,,,mohon di ubah
cara seperti itu


inting - jln aji masnandai

Terima kasih atas masukannya, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Tidak ada perbedaan pelayanan kesehatan di RSUD AM Parikesit. Semua pasien diperlakukan sama sesuai standar pelayanan RS. Hal ini mengacu pada UU No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit pasal 29 bahwa Rumah Sakit memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminatif, dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelayanan RS.

Kami berusaha untuk meningkatkan pelayanan di semua aspek, termasuk tentang teknik komunikasi petugas kesehatan kami

Manajemen RSUD AM Parikesit
Perihal: konsultasi anak
Dok,saya mau tanya .
umur anak saya sekarang 9 bulan.Dibelakang kepala anak saya tepatnya didekat telinga kirinya bagian belakang ada benjolan. Benjolan apa ya itu dok saya khawatir saja karena penyakit sekarang yang bermacam-macam.cukup terasa kalau dipegang tapi spertinya tidak sakit.dilehernya jg ada kecil dan hanya terasa saat saya memegangnya.mohon penjelasanya ya dok.terima kasih.


yenita - kota bangun

Untuk Ibu Yenita di Kota Bangun,
Terima kasih atas konsultasinya. Dapat diperjelas dan ditambahkan untuk pertanyaannya:

1. Anamnesa
> Benjolan sudah berapa lama?
> apakah ada tanda-tanda peradangan (rubor/kemerahan, kalor/panas, dolor/nyeri, tumor/bengkak, functiolaesa/penurunan fungsi) ?
> apakah keluhan disertai dengan batuk dan pilek?
> Lokasi benjolan apakah di regio belakang telinga atau di regio leher.

2. Klasifikasi penyakit
a. Infeksi
- TBC Kelenjar : Lymfadenitis
- TBC Kelenjar : lympadenopati
- Kista postaurikuler
- Kista dermoid
- Kista brachial (bila terinfeksi)
b. Tumor
- Lymphngioma (benjolan ada sejak lahir)
- Hyggroma Colli (benjolan ada sejak lahir)

3. Saran :
a. Periksa ke rumah sakit terdekat atau ke dokter praktek terdekat.
b. Pemeriksaan Laboratorium penunjang yaitu Darah Lengkap dan Laju Endap Darah
c. Pemeriksaan Rontgen (Thorax AP)

4. Penatalaksanaan
a. Bila infeksi : konservatif
b. Bila penyebab TBC Kelenjar:
- Biopsi : bila konservatif gagal
- Perbaiki imunitas dan lingkungan, perbaikan gizi.
- Pemeriksaan tambahan bila diperlukan (Mantoux test)

Terima kasih

Salam,


dr. Santi Rini, Sp. BA
Kirim Pertanyaan
Anda punya keluhan atau mengalami gangguan kesehatan? Kami menyiapkan halaman khusus untuk tanya jawab seputar kesehatan yang akan dijawab dokter-dokter terbaik RSUD A.M. Parikesit.

 
Nama
Alamat
E-mail
Perihal
Pertanyaan:
 

 

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download