Minggu, 24 September 2017
Siswa-siswi SMK Kesehatan Samarinda dan SMK Farmasi Tenggarong lakukan Magang di RSUD AM Parikesit Siswa-siswi SMK Kesehatan Samarinda dan SMK Farmasi Tenggarong lakukan Magang di RSUD AM Parikesit
08/06/2016 08:06 WITA


Kepala Instalasi Laboratorium dr. Edison Harianja, Sp.PK menjelaskan tata tertib instalasi laboratorium didepan para siswa-siswi yang akan magang di RSUD AM Parikesit (Foto: mra)

Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad Parikesit (RSUD AM Parikesit) Kutai Kartanegara menerima sebanyak 18 siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Samarinda dan 13 siswa-siswi SMK Farmasi Tenggarong. Para siswa-siswi ini akan melakukan magang selama 10 minggu di RSUD AM Parikesit. Sebelum melakukan magang, para siswa-siswi ini dikumpulkan di Gedung Merak ruang Auditorium lantai Tiga RSUD AM Parikesit untuk diberikan orientasi atau pengenalan mengenai RSUD AM Parikesit, senin (5/6) pagi.


Orientasi ini dibuka oleh Kepala Bagian Pengembangan dr. Hariyanto, M. Kes dan dihadiri Kepala Instalasi Laboratorium dr. Edison Harianja, Sp. PK, Wakil Kepala Instalasi Farmasi Drs. Irianto, APT serta beberapa perwakilan guru dari SMK Kesehatan Samarinda dan SMK Farmasi Tenggarong. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari Misi RSUD AM Parikesit yaitu memberikan pelayanan kesehatan paripurna berdasarkan komitmen pengembangan profesionalisme, pendidikan berkelanjutan berbasis bukti.


Dalam sambutannya, Hariyanto menjelaskan beberapa hal yang ada di RSUD AM Parikesit seperti denah, struktur organisasi, luas bangunan, sejarah, visi dan misi serta nilai-nilai RSUD AM Parikesit. "Rumah Sakit kami memiliki lima nilai yang biasa disingkat menjadi PPATK yaitu Profesional, Peduli, Adil, Tulus, dan Kebersamaan," jelas Hariyanto.


Hariyanto juga berpesan agar siswa-siswi harus rajin bertanya selama magang, bekerja dengan teliti, antusias, ramah, dan sopan santun
Orientasi ini juga diisi oleh Kepala Instalasi Laboratorium dr. Edison Harianja, Sp.PK mengungkapkan Laboratorium adalah salah satu bagian penting dari pelayanan di rumah sakit yang memiliki tiga tahapan penting yaitu pre analitik, analitik, dan post analitik. Lebih lanjut dr. Edison mengatakan alat-alat yang ada di laboratorium sudah berbasis teknologi dan canggih. "Adik-adik yang magang disini harus mengetahui jenis pemeriksaan yang ada seperti pemeriksaan rutin, pemeriksaan khusus, dan pemeriksaan CITO," jelasnya lagi.


dr. Edison juga berpesan agar siswa-siswi selalu menjaga kedisiplinan selama magang di rumah sakit, penilaian akan diberikan langsung oleh analis yang bekerja di laboratorium. "Satu hal yang saya tekankan kepada adik-adik yaitu dedikasi, yang artinya kehadiran adik-adik disini harus bisa membantu dan disini adik-adik diajarkan belajar sambil bekerja," pesan dr. Edison.


Selanjutnya kegiatan diisi oleh Wakil Instalasi Farmasi Drs. Irianto, APT menerangkan pelayanan di Depo Farmasi sesuai dengan aturan Permenkes No. 58 Tahun 2014 tentang Depo Farmasi Rawat Jalan dan Depo Farmasi Rawat Inap. Irianto juga berpesan kepada seluruh siswa-siswi untuk mentaati peraturan yang ada di rumah sakit seperti tidak boleh merokok, menjaga kedisiplinan, dan kebersihan. "Siswa-siswi setelah selesai magang di rumah sakit ini harus ada ilmu dan pengetahuan yang didapatkan," ungkapnya.
(mra/rhd)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Konsultasi Kesehatan

PPID

Akreditasi

Download

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi