Minggu, 24 September 2017
Tim Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Melakukan Evaluasi Terhadap Pelayanan Publik Di RSUD A.M Parikesit Tim Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Melakukan Evaluasi Terhadap Pelayanan Publik Di RSUD A.M Parikesit
08/06/2016 05:46 WITA


Tim KemenPAN&RB sedang mencoba menggunakan mesin Indeks Kepuasan Masyarakat

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Deputi Bidang Pelayanan Publik melakukan evaluasi terhadap kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik di RSUD A.M Parikesit Tenggarong Seberang, Kamis 2/6/2016.

Kegiatan ini dilakukan pada beberapa SKPD penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Kutai Kartanegara, bertujuan melihat kepatuhan terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik sebagaimana diatur dalam Bab V Undang-Undang Pelayanan Publik, khususnya pasal 15.

Dalam kunjungannya ke RSUD A.M Parikesit Tim KemenPAN&RB melakukan pengamatan langsung terhadap implementasi pelayanan publik yang diberikan oleh rumah sakit tersebut. Pengamatan dilakukan pada seluruh unit-unit pelayanan seperti Instalasi Rawat Jalan, Instalasi Rawat Inap, Instalasi Gawat Darurat serta Unit Admisi Rawat Inap. Pada setiap unit layanan dinilai apakah sudah memenuhi beberapa hal yang merupakan persyaratan penyelenggaraan pelayanan publik seperti ketersediaan fasilitas ruang tunggu yang memadai, toilet umum maupun toilet yang di khususkan untuk pasien/pengunjung berkebutuhan khusus serta tempat bermain anak. Hal penting lain yang menjadi persyaratan penyelenggaraan publik adalah adanya Standar Pelayanan serta Maklumat Pelayanan yang di publkasikan kepada masyarakat pengguna layanan. Tim KemenPAN & RB juga meninjau Unit Layanan Pengaduan yang ada di RSUD AM Parikesit dan memberikan apresiasi terhadap keseriusan rumah sakit dalam melakukan pengelolaan komplain dari pengguna layanan.

Tim KemenPAN&RB mengatakan "RSUD AM Parikesit mengalami kemajuan sangat pesat dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik. Hal ini dibandingkan dengan evaluasi serupa yang dilakukan tahun lalu (2015 Red). Di gedung yang baru ini Rumah Sakit mengalami perubahan signifikan," jelasnya.

Tim KemenPAN&RB juga sangat mengapresiasi beberapa inovasi terkait peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh RSUD A.M Parikesit diantaranya adalah tersedianya mesin survey yang mengukur indeks kepuasan masyarakat secara digital, Sistem Informasi Manajemen Admisi Rawat Inap (SIMARI), Hotline Maternal dan lain-lain, diharapkan agar RSUD AM Parikesit mempertahankan yang sudah ada dan selalu mencari terobosan-terobosan baru untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan publik
(hms)



Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Konsultasi Kesehatan

PPID

Akreditasi

Download

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi