Rabu, 20 September 2017
RSUD AM Parikesit Lakukan Uji Publik Standar Pelayanan RSUD AM Parikesit Lakukan Uji Publik Standar Pelayanan
25/05/2016 06:55 WITA


(Foto: can)

Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad Parikesit (RSUD AM Parikesit) melakukan uji publik standar pelayanan. Uji publik standar pelayanan dibuka oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah di Ruang Auditorium Lantai 3 Gedung Merak RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang pada Senin (16/5) pagi.

Acara itu dihadiri Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman dr. Emil Bachtiar Moerad, Sp. P, Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Kab. Kukar, Kabag Ortal Setkab Kukar Supriyanto, Kabag Humas dan Protokol Dafip Haryanto, Guru Besar Unikarta Prof. Iskandar, Tokoh Masyarakat seperti Haryanto Bachroel, Syahrial Setia, beberapa perwakilan mahasiswa serta undangan lainnya.


Edi Damansyah mengapresiasi pihak RSUD AM Parikesit yang selalu berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan, salah satunya dengan membuat Standar Operasional Prosedur Pelayanan.


Lebih lanjut, Edi Damansyah mengatakan, apa yang dilakukan rumah sakit pada uji publik pelayanan, merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang (UU) No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. "Saya meminta kepada pihak rumah sakit agar presentasi pelayanan publik diketahui masyarakat luas dengan memanfaatkan media, baik melalui humas pemerintah daerah, RPK untuk berinteraktif sehingga standar pelayanan ini betul-betul dilakukan dengan baik," harapnya.


Beberapa waktu lalu telah dilakukan evaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI terhadap beberapa komitmen yang sudah ditetapkan Pemkab Kukar untuk melakukan reformasi birokrasi. RSUD AM Parikesit merupakan salah satu SKPD yang telah ditunjuk melalui Surat Keputusan Bupati Kutai Kartanegara untuk dinilai oleh Kemenpan-RB dalam pembangunan zona integritas.


Sementara itu, Direktur RSUD AM Parikesit dr. Martina Yulianti, Sp.PD.FINASIM menjelaskan standar pelayanan rawat inap harus melalui prosedur dan persyaratan, diantaranya memiliki identitas diri/KTP, kartu kesehatan BPJS/KIS/Jamkesda, surat rujukan dan permintaan rawat inap serta waktu pelayanan kurang dari 1 jam. "Jika ada keluhan, pasien dapat mengadukan melalui email yang dikirim ke rsudamparikesit@yahoo.com atau bisa disampaikan melalui nomor telepon 0541-661015 serta bisa melalui SMS ke nomor 08115818977 dan bisa ke kotak saran atau langsung ke unit pelayanan pelanggan," ujarnya.


Tambahnya lagi, biaya atau tarif standar pelayanan instalasi rawat inap maupun rawat jalan bagi pasien umum, sesuai dengan Peraturan Bupati Kukar No. 57 tahun 2015 dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Permenkes No. 59 tahun 2014.
(hms)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Konsultasi Kesehatan

PPID

Akreditasi

Download

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi