IRD Lakukan Sosialisasi Transfer Pasien Internal dan Eksternal IRD Lakukan Sosialisasi Transfer Pasien Internal dan Eksternal
14/04/2016 09:40 WITA


Wakil Kepala IGD Ahmad Fauzan menjelaskan mekanisme Transfer Pasien kepada kepala instalasi/unit bidang pelayanan medis yang terkait.. (Foto: can)

Transfer pasien adalah memindahkan pasien dari satu tempat ke tempat lain yang lebih baik untuk mendapatkan pemeriksaan atau tindakan medis lainnya. Pasien yang ditransfer tersebut dikarenakan memerlukan pemeriksaan, pengobatan, perawatan, atau fasilitas khusus yang tidak tersedia di rumah sakit, ungkap dr. Mauritz Silalahi, Sp. P saat membuka sosialisasi transfer pasien di Ruang Matahari Gedung Garuda lantai 3 RSUD AM Parikesit, kamis (14/4) pagi.


"Pasien transfer rata-rata dengan indikasi pengobatan atau tindakan atau tertentu yang diperlukan tidak bisa dilakukan di rumah sakit dan indikasi lainnya atas permintaan pasien/keluarga untuk pindah rawat di rumah sakit yang diinginkan," kata dr. Mauritz.


Dalam hal ini, Instalasi Rawat Darurat mengumpulkan beberapa Kepala Bidang terkait pelayanan medis untuk menghadiri sosialisasi Transfer Pasien. Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Bidang Keperawatan Hj. Heldiana, Kepala Instalasi Rawat Inap (IRNA) dr. Santi Rini, Sp. BA, Wakil Kepala IRNA Ipandi Lukman, S. Kep., NS, Kepala ICU Susanti, S. Kep. Ns, Wakil Pertama Kepala Instalasi Rawat Darurat Ahmad Fauzan beserta wakil Kedua IRD Heni Marlina, S. Kep., Ns dan Staf Hukum dan Humas.


Kepala Instalasi Gawat Darurat dr. Pipin Abdillah, Sp. B yang diwakili oleh Wakil Pertama Kepala Instalasi Rawat Darurat Ahmad Fauzan mengatakan pentingnya sosialisasi ini bertujuan agar pasien mendapatkan pelayanan transfer, baik internal maupun eksternal yang bermutu dan aman serta menjalin kerjasama yang baik dan efisien dengan rumah sakit yang lain.


Sosialisasi ini juga menerangkan tentang bagaimana panduan transfer pasien, Standar Prosedur Operasional (SPO) Persiapan Transfer Pasien Eksternal, SPO Serah Terima Pasien Transfer ke Fasilitas Kesehatan Lain, Kriteria Pasien Transfer, Kualifikasi Petugas Pendamping Pasien Transfer, dan Kriteria Peralatan Pasien Transfer serta Kelengkapan Administrasi Pasien Transfer.


Di akhir acara, dr. Mauritz berharap semoga dengan adanya sosialisasi ini, bisa memperbaiki alur pelayanan medis di RSUD AM Parikesit sehingga menjadi lebih baik lagi.
(hms)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download