Rabu, 20 September 2017
Gerhana Matahari, RSAMP Laksanakan Sholat Sunah Gerhana Gerhana Matahari, RSAMP Laksanakan Sholat Sunah Gerhana
09/03/2016 07:50 WITA


pegawai, pengunjung, dan masyarakat sekitar melaksanakan sholat sunah gerhana di masjid As-Syifa RSAMP Tenggarong Seberang Rabu(9/3) pagi (Foto: rhd)

Sejumlah pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad Parikesit (RSAMP) dan pengunjung serta masyarakat sekitar melaksakan sholat sunah gerhana matahari berjamaah pada rabu (9/3) pagi tepat ketika terjadinya gerhana matahari. Sholat sunah gerhana ini dilaksanakan di masjid As-Syifa RSAMP Tenggarong Seberang dengan mengundang Ustad Abu Ali, S. Ag sebagai imam sekaligus khatib.


Sebelum dilaksanakannya sholat sunah, terdengar pengumuman dari pengeras suara masjid bahwa tepat rabu pagi ini kan terjadi gerhana matahari bagi seluruh pegawai, pengunjung dan masyarakat sekitar bagi yang mau melaksanakan sholat sunah gerhana diminta segera ke masjid.


Pelaksanaan sholat sunah gerhana, sesuai dengan tuntunan Nabi digelar secara berjamaah sebanyak dua rakaat dengan bacaan ayat Alquran yang panjang setiap rakaatnya. Setelah sholat sunah gerhana, seluruh jamaah mendengarkan khutbah Ustad Abu Ali dengan khusyuk.


Dalam khotbahnya, Ustad Abu Ali mengatakan, Allah SWT telah memberikan sinyal kepada hamba nya yang beriman melalui tanda-tanda keagungan-Nya yakni berupa gerhana matahari maka tunjukkanlah rasa takut kalian kepada Ku.


Ia menambahkan peristiwa gerhana merupakan kejadian alam akan kekuasan dan kebesaran Allah SWT, semoga kita umat muslim selalu meningkatkan keimanan sehingga semakin menjadi lebih baik dan memperteguh akan kekuasan Allah.
Gerhana Matahari yang terjadi rabu pagi menjadi fenomena alam dan mengundang perhatian banyak masyarakat.


Namun, ia menyesalkan sebagian orang menganggap gerhana ini hanya sebagai gejala alam biasa dan merayakannya dengan hura-hura. "Ini adalah pendapat orang yang bersifat khurofat, padahal Nabi SAW menyarankan kita untuk sholat sunah gerhana, bershalawat, dan berdzikir, " ungkapnya.


Berdasarkan informasi dari kementerian agama untuk wilayah Tenggarong, gerhana matahari terjadi pukul 07.26 wita. Puncak gerhana matahari terjadi pukul 08.35 wita dan akhir gerhana matahari terjadi pukul 09.54 wita.
(hms)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Konsultasi Kesehatan

PPID

Akreditasi

Download

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi