Musim Penghujan Datang, Waspada DBD Musim Penghujan Datang, Waspada DBD
16/02/2016 12:25 WITA


Nyamuk Aedes Aegypti sebagai penyebar virus dengue

Memasuki musim penghujan, penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) yang diterima di Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad Parikesit (RSUD A.M. Parikesit) terus bertambah. Masyarakat pun diimbau waspada karena penyakit ini diprediksi akan terus meningkat.


Berdasarkan data dari Instalasi Rawat Inap RSUD AM Parikesit, pasien penderita DBD selama Januari hingga 9 Februari 2016 tercatat ada 205 pasien yang diterima, dengan rincian anak-anak berjumlah 119 anak dan 86 pasien dewasa serta dua pasien anak-anak di antaranya meninggal dunia. Kedua pasien yan g masih berumur anak-anak tersebut meninggal karena datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi kritis.


Menurut Dirut RSUD AM Parikesit melalui Kasubbag Hukum dan Humas dr. Tri Setyawati Derliana mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan menerapkan gerakan 3M yaitu Menutup, menguras, dan menimbun supaya terhidnar dari serangan DBD. Apalagi, saat ini sudah memasuki musim penghujan.


Sementara itu, salah satu orang tua pasien, Ucok mengaku panik saat melihat anaknya terserang demam tinggi. Ucok langsung membawa anaknya ke RSUD AM Parikesit. Setelah di cek darah, anaknya dinyatakan menderita penyakit DBD.


"Badannya panas dan ada bintik-bintik merah di badannya," ungkap Ucok saat ditemui sedang menunggui anaknya di ruang perawatan di RSUD AM Parikesit. Ucok berharap, setelah adanya kejadian ini, pihak kesehatan mengadakan fogging massal untuk memberantas DBD sehingga tidak menyebar pada warga lainnya.
(rhd)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download