Rabu, 20 September 2017
RSUD A.M. Parikesit Terus Berbenah, Kini Lebih Baik RSUD A.M. Parikesit Terus Berbenah, Kini Lebih Baik
17/12/2015 10:37 WITA


Salah satu ruangan VIP RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang yang tampak nyaman (Foto: hms)

Perubahan adalah keniscayaan. Demikian yang terjadi pada Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad Parikesit Kutai Kartanegara (RSUD A. M. Parikesit). Dengan upaya keras bersama jajaran pimpinan dan staf, banyak perubahan dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan stakeholders di Kutai Kartanegara. Pembangunan fisikal gedung, penambahan dan penataan instalasi, optimalisasi uraian tugas seluruh pejabat struktural, kepala instalasi serta kepala ruangan/unit, penambahan peralatan kesehatan yang semakin canggih disertai fasilitas pendukung dan tentunya peningkatan kualitas sumberdaya manusianya. Di penghujung 2015 adalah moment bersejarah bagi RSUD A. M. Parikesit untuk bertransformasi dalam memberikan layanan kesehatan bagi warga Kutai Kartanegara.


Gedung Luas, Bersih, dan Nyaman

Gedung baru RSUD A. M. Parikesit yang dibangun pada masa pemerintahan Bupati Rita Widyasari ini bertempat di Jalan Ratu Agung No. 01, Kecamatan Tenggarong Seberang memiliki luas lahan keseluruhan sebesar 7 (tujuh) hektar. Bangunan baru terdiri 6 (enam) gedung untuk keperluan pelayanan. 5 gedung penunjang dan 1 gedung perkantoran. Setiap gedung diberi nama dengan nama burung yaitu : Merak, Garuda, Elang, Rajawali, Punai, dan Enggang. Gedung baru yang mewah menjulang dengan 3 lantai yang terhubung dengan connecting bridge juga dilengkapi dengan lift yang mampu memuat ranjang pasien dan diprioritaskan untuk pasien. Bagi pegawai rumah sakit dan keluarga pasien dihimbau untuk menggunakan tangga terutama untuk turun ke lantai dibawahnya.



suasana ruangan poliklinik Anak yang bermotif gambar karakter kegemaran anak-anak serta tempat ruang periksa berbentuk mobil-mobilan
Foto:

Gedung Merak adalah poliklinik yang terdiri dari 2 lantai dan 1 lantai untuk ruang aula/serbaguna. Di gedung ini terdapat Klinik Kebidanan, Kandungan, Anak, Penyakit Dalam, Bedah, THT, Mata, Jantung, Saraf, Paru, Rehabilitasi Medik dan Gigi Mulut. Selain klinik-klinik yang sudah ada di RS lama, rumah sakit baru lengkapi dengan Klinik Nyeri/Anestesi, Klinik Tumbuh Kembang, Klinik Usia Lanjut dan Klinik VCT (tempat konsultasi penderita dugaan HIV/AIDS), Klinik TB (tuber) serta klinik Gizi. Disamping itu, RS juga menyediakan klinik Perjanjian bagi masyarakat yang tidak ingin mengikuti prosedur rujukan dan antri berlama-lama. Siapapun yang ingin berobat dapat membuat janji dan tentu saja jaminan asuransi tidak dapat berlaku di Klinik Perjanjian ini.

Di gedung ini juga terdapat fasilitas rehabilitasi medik yang juga dilengkapi dengan ruang fisioterapi untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) serta terdapat fasilitas hidrotheraphy untuk para penderita stroke. Klinik anak dilengkapi dengan interior yang bermotif lucu dan menarik, meja dokter bermotif gambar karakter kegemaran anak-anak serta tempat periksa berbentuk mobil-mobilan. Pengaturan ini didesign dengan harapan anak-anak yang berobat tidak merasa takut dan memberikan kesan friendly. Di Gedung ini juga dilengkapi dengan ruang menyusui dan tempat bermain anak yang nyaman, ruang general check up dilengkapi dengan threadmill, USG dan Echocardiography.

Lantai 3 merupakan ruang auditorium yang bisa menampung sekitar 500 orang. Aula ini dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan RS seperti inhouse training, seminar, workshop, pertemuan, dan lain-lain.


Gedung Garuda merupakan pusat perkantoran bagi seluruh pegawai administrasi dan manajemen RS. Gedung yang terdiri dari 3 lantai dimana juga dilengkapi dengan ruang rapat, ruang pertemuan, ruangan khusus bagi tamu RS, dan ruangan khusus Dewan Pengawas RSUD A.M Parikesit Kutai Kartanegara.


Gedung Elang yang terdiri dari 3 lantai meliputi Unit Gawat Darurat di lantai 1, ruang perinatalogi (bangsal bayi risiko tinggi), PICU (Pediatric Intensive Care Unit), NICU (Neonatus Intensive Care Unit). Bangsal rawat gabung bagi bayi yang sehat ketika dilahirkan, harus dirawat gabung dengan ibunya agar mendapat ASI sedini mungkin. Ruang bayi dilengkapi dengan inkubator yang canggih, alat foto terapi untuk bayi kuning, baby transport untuk memindahkan bayi dari ruang operasi/ruang bersalin ke bangsal bayi, ventilator infant dan lain-lain. Ruang bersalin utama terdapat di lantai 2 meskipun dilantai 1 juga disediakan ruang bersalin untuk kasus cito (yang harus segera ditangani/parah). Dilantai 3 terdapat 6 (enam) buah ruang operasi, ICU, ICCU, dan burn unit (ruang khusus penderita luka bakar) yang masing-masing ruang telah dilengkapi dengan peralatan canggih, modern, dan terkomputerisasi.



CT Scan 128 slice yang kini dimiliki RSUD AM Parikesit
Foto:

Gedung Rajawali adalah gedung yang padat dengan peralatan canggih. Terdapat ruang radiologi yang telah dilengkapi dengan CT-Scan 128 slice yang canggih yang dapat digunakan untuk memeriksa pembuluh darah jantung, tidak hanya seperti layaknya CT-Scan yang ada selama ini. Disamping itu juga telah ada panoramic (alat untuk memeriksa tulang gigi geligi dan wajah), mammografi (untuk memastikan adanya benjolan dipayudara), USG (Ultrasonography) yang dapat memeriksa otot serta X- ray satationary yang dilengkapi dengan DR (Digital Radiography) sehingga foto rontgen tidak perlu cuci film secara konvensional namun langsung di print/cetak.

Dilantai 2 adalah laboratorium sentral yang telah menggunakan mesin - mesin digital dan aerocom yang dapat mengirim sampel dan hasil dari dan ke seluruh ruangan - ruangan perawatan, ruang operasi, dan poliklinik serta Unit Gawat Darurat (UGD) sehingga penderita tidak perlu ke laboratorium sentral untuk diambil darahnya maupun mengambil hasil.

Dalam waktu dekat juga akan digunakan Laboratory Informasi System (LIS) yang memungkinkan hasil pemeriksaan laboratorium dapat di baca dari ruangan lain tanpa harus ke laboratorium, bank darah juga sedang dipersiapkan dan diharapkan dapat segera dioperasikan.

Lantai 3 merupakan tempat pemeriksaan gastroscopy, colonoscopy serta bronchoscopy. Ini adalah pemeriksaan untuk melihat saluran-saluran (kerongkongan, lambung, usus besar dan saluran nafas) dengan menggunakan scoupe berkamera yang gambarnya dapat diperbesar hingga ribuan kali dan cukup di lihat di layar monitor (pemeriksaan non invasif). Disamping itu terdapat fasilitas hemodialisa di lantai ini yang akan segera dioperasikan setelah SDM menyelesaikan pelatihan untuk menggunakan peralatan hemodialisa. Selain itu telah dipersiapkan mesin cuci darah dan water treatment untuk mendukung hal tersebut.


Gedung Punai dan Gedung Enggang adalah gedung rawat inap, dimana ruang VIP dan VVIP terdapat di lantai 1. Ruang yang dilengkapi dengan interior yang menarik ini diharapkan membuat pasien merasa nyaman. Di gedung ini terdapat 32 ruang VIP, 3 ruang VVIP. Ruang tunggu dan lobi yang nyaman telah disiapkan untuk ruang VIP dan VVIP.

Lantai 2 diperuntukkan bagi perawatan kelas 1 dan kelas 2 dimana kelas 1 terdiri dari 2 tempat tidur per ruangan dan total 46 tempat tidur, kelas 2 terdiri dari 3 tempat tidur per ruangan dan total 60 tempat tidur.
Lantai 3 adalah ruang perawatan kelas 3 yang total nya adalah 192 tempat tidur dan setiap ruangan diisi dengan 8 tempat tidur. Setiap ruang perawatan dilengkapi dengan toilet dan shower.

Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pasien, setiap ruang perawatan dilengkapi dengan nurse call dan nurse assist yang digunakan oleh pasien untuk memanggil perawat jika membutuhkan pertolongan tanpa harus pergi ke nurse station/kamar perawat.

Di gedung Elang lantai 2 dan 3 pihak manajemen RS telah menyediakan ruangan khusus untuk kantor para dokter yang tergabung dalam SMF (Staf Medis Fungsional) sehingga teman-teman dokter spesialis ada tempat untuk beristirahat jika telah selesai melakukan aktifitas visite, operasi dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya fasilitas ini para dokter dapat bertahan di RS sampai jam pulang dan dapat mengisi waktunya untuk melaksanakan aktifitas - aktifitas lain yang menunjang kemajuan RS.


Fasilitas Penunjang

Selayaknya gedung modern, bangunan rumah sakit telah dilengkapi dengan peralatan safety yang memadai seperti alarm kebakaran, sprinkle (tanda bahaya kebakaran yang terletak di plafon yang dapat menyemburkan air), tabung alat pemadam ringan (apar), hidrant dan tangga darurat di setiap gedung. Pihak manajemen akan segera melengkapi dengan membuat sign it's ( tanda-tanda) jalur evakuasi dan menentukan titik kumpul sebagai bagian dari prosedur safety. Didalam setiap kegiatan/aktivitas seperti seminar, workshop, dan kegiatan yang melibatkan banyak orang, akan dilakukan peragaan safety sebagai bagian dari standard operational procedure (SOP) keamanan sebelum kegiatan dilaksanakan.

Untuk fasilitas penunjang lain seperti ambulance, saat ini RSUD AM Parikesit memiliki 6 buah armada baru yang digunakan untuk ambulance transport dan 1 unit armada untuk Ambulance Gawat Darurat (AGD) 119. Untuk AGD 119 ini semua petugas nya adalah perawat termasuk pengemudi ambulance. Untuk mendapat layanan ini nantinya warga dapat menghubungi no telepon (0541) 119.

Kantin tersebar di beberapa tempat di RS. Persyaratan kantin didalam RS adalah tidak diperkenankan memasak (menyalakan kompor), makanan yang dijual harus tersertifikasi dan memiliki masa kadaluarsa. RS dilengkapi dengan 1 (satu) ruang auditorium yang dapat memuat hingga 500 orang, 1 ( satu) ruang aula dengan kapasitas 200 orang dan beberapa ruang rapat di dalam RS karena pihak manajemen ingin menerapkan budaya rapat/koordinasi dan konsultasi.

Tersedia juga mesjid yang diberi nama mesjid As Syifa yang dapat menampung lebih 100 jamaah dan dapat dipergunakan untuk sholat jumat.

Kamar jenazah cukup luas yang dilengkapi dengan freezer mayat, tempat memandikan serta terdapat ruangan yang cukup luas untuk menyemayamkan jenazah jika keluarga tidak ingin membawa jenazah pulang ke rumah. Ambulance jenazah pun tidak luput dari perhatian, RS akan membeli 2 (dua) buah mobil jenazah baru di tahun depan.

Untuk menunjang kesehatan lingkungan RS (Kesling) terdapat fasilitas IPAL (instalasi Pembuangan Air Limbah), incenerator untuk membakar sampah medis dan tempat penyimpanan limbah B3 (Bahan Bahaya Beracun). Disamping itu RS telah menyiapkan fasilitas tempat mencuci dan menjemur bagi keluarga pasien yang datang dari jauh/luar kota.

Pemeliharaan sarana prasarana RS menjadi tanggung jawab Instalasi Prasarana dan Sarana RS (IPSRS) yang diisi oleh SDM yang kompeten dan handal seperti sarjana teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil serta tenaga elektromedik untuk pemeliharaan alat-alat kesehatan. Instalasi ini menjadi sangat vital mengingat pemeliharaan gedung canggih tentu tidak mudah.

Untuk menjamin ketersediaan listrik dan air di RS , terdapat 2 (dua) buah genset dengan kapasitas masing-masing 1250 KVA, fasilitas PDAM, tangki air dengan kapasitas 80,000 liter dan sumber air artetis.

Di setiap gedung juga dilengkapi dengan toilet umum yang jumlahnya cukup banyak, terpisah antara laki-laki dan perempuan serta terdapat toilet khusus disable (orang berkebutuhan khusus).

Disamping itu juga tersedia instalasi jalur LAN, kanal telepon serta TV kabel untuk semua ruangan. Dan untuk kenyamanan, sebagian besar ruangan telah dilengkapi dengan AC sentral.

Penyediaan mebelair di gedung-gedung pun telah disesuaikan dengan kebutuhan interior modern sehingga terlihat sangat menarik dan membuat pasien serta keluarga merasa nyaman.


Layanan yang Mudah, Cepat, dan Responsif

Sistem pendaftaran di poliklinik di RSUD A. M. Parikesit di Tenggarong Seberang berbasis elektronik dengan menggunakan mesin antrian. Dalam waktu dekat akan diresmikan juga pendaftaran poliklinik secara online. Disetiap front office akan dilengkapi dengan perangkat panel kepuasan yang akan memudahkan pasien dan keluarga pasien dalam memberikan feedback/timbal balik terhadap layanan yang diterimanya secara langsung. Feedback pasien dan keluarga pasien sangat penting bagi pihak manajemen RS untuk mengetahui persoalan-persoalan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan. Evaluasi yang rutin dan terus menerus akan bermanfaat untuk meningkatkan performance pelayanan kesehatan di RSUD AM Parikesit.

Untuk mengetahui ketersediaan tempat tidur di ruang rawat inap, RSUD AM Parikesit memiliki SIMARI yang dapat dipantau secara online melalui www.rsamp.id/simari.php dan akan di sediakan bagi masyarakat beberapa unit display/monitor SIMARI di tempat-tempat strategis di rumah sakit untuk dapat memantau ketersediaan tempat tidur di rawat inap.


Peningkatan Sistem dan Kualitas Sumberdaya Manusia

Secara sistemik pihak manajemen telah menyiapkan banyak sekali standar prosedur operasional, standar pelayanan serta alur pelayanan agar pelayanan kepada pasien menjadi lebih mudah dan sederhana serta dapat dipertanggungjawabkan karena berdasarkan standar akreditasi rumah sakit baik oleh KARS (Komisi Akreditasi RS) maupun secara internasional oleh JCI (Joint Committe International).

Untuk menunjang hal ini banyak sekali kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan oleh manajemen dalam 2 tahun terakhir. Dengan bekerjasama dengan institusi pendidikan dan pelatihan serta rumah sakit ternama diIndonesia, telah dilakukan pelatihan capacity building, service from heart, leading with heart, service excellent dan banyak sekali pelatihan yang bertujuan untuk memperbaiki sikap melayani dan agar tumbuh budaya kerja yang lebih baik bagi seluruh pegawai RSUD AM Parikesit. Para leader pun di beri bekal kepemimpinan dan dilatih utntuk menjadi agen perubahan untuk mendukung perubahan budaya kerja. Disamping itu terdapat pelatihan yang bersifat peningkatan kompetensi seperti pelatihan ICU, ICCU, PICU, NICU, perinatalogy, pelatihan instrumen, hemodialisa dan banyak lagi.

Untuk menjalin relasi yang baik diantara internal dan eksternal publik, RSUD AM Parikesit telah merilis website www.rsamp.id dan beberapa sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram. Selain sebagai sarana publikasi, media tersebut juga bertujuan untuk menerima kritik, saran, dan sharing informasi diantara pengelola dan netizens sebagai bagian dari implementasi UU Keterbukaan Informasi Publik dan berguna dalam mengevaluasi performance pelayanan melalui feedback publik.

RSUD AM Parikesit bertekad keras untuk berbenah dengan meningkatkan kualitas layanan publik, membangun kualitas SDM, nilai dan kultur organisasi, penguatan akuntabilitas, dan penataan pengawasan. Dengan keterlibatan RSUD AM Parikesit dalam zona integritas bersama kementerian PAN RB, kerjasama dengan BPKP Kaltim, dan institusi-institusi pendidikan tinggi dan institusi pelatihan, pihak pimpinan berserta staf bertekad kuat untuk menjadi lebih profesional dalam melayani, akuntabel, transparan, dan akomodatif terhadap kritik dan saran. RSUD AM Parikesit KINI LEBIH BAIK !

(hms)


Tampak depan UGD RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang
Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Konsultasi Kesehatan

PPID

Akreditasi

Download

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi