Asap Datang Tenggarong Waspada ISPA Asap Datang Tenggarong Waspada ISPA
22/10/2015 07:22 WITA



Peristiwa kabut asap melanda daerah kota Tenggarong dan di beberapa daerah sekitar makin hari semakin pekat. Matahari pun juga terlihat berwarna kekuning-kuningan.
Kabut asap ini bertambah parah dibanding hari-hari sebelumnya dengan jarak pandang normal walau pun jarak pandang sedikit agak terganggu.


Menurut keterangan salah satu warga yang sedang menaiki Puncak Bukit Biru, "Saat dipuncak, kabut asap terlihat sangat pekat dengan warna mata hari yang berwarna kuning dan terlihat adanya beberapa titik api dari warga yang sedang membakar sesuatu" tuturnya.


dr. Mauritz Silalahi, Sp. P dokter spesialis paru menjelaskan bahwa, "Pengaruh asap terhadap kesehatan terutama terhadap mucosa tubuh seperti saluran pernafasan dan mata. Pada saluran pernafasan dapat mengakibatkan gangguan seperti alergi terutama pada individu dengan latar belakang asma atau alergi dengan keluhan batuk-batuk, bersin atau sesak napas. Pada orang dengan kondisi tubuh yang kurang fit dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan. Asap pada mata dapat menyebabkan mata merah dan berair".


Masyarakat kutai kartanegara mulai khawatir dengan kehadiran tamu tak di undang ini, lantaran takut terkena dampak erosi udara yang menyebabkan penyakit Inpeksi Saluran Pernafasan (ISPA)."Untuk itulah masyarakat dihimbau pada kondisi cuaca saat ini dengan asap yang ditimbulkan oleh kebakaran lahan dan hutan untuk lebih berhati-hati dengan mengurangi aktifitas di luar rumah atau kalau aktifitas di luar rumah dengan memakai masker terutama pada individu dengan latar belakang gangguan pernafasan atau jantung, faktor kebersihan diri harus dijaga Dan juga konsumsi makanan yang sehat dan minum banyak air putih", lanjut dr. Mauritz Silalahi, Sp. P. (mrz)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download