Minggu, 24 September 2017
<i>INHOUSE TRAINING</i> PMKP DAN SKP di RSAMP INHOUSE TRAINING PMKP DAN SKP di RSAMP
09/09/2015 08:34 WITA


Narasumber menjelaskan materi PMKP ke peserta. (Foto: can)

Rumah sakit harus memiliki sumber daya manusia yang profesional baik di bidang teknis medis maupun administrasi kesehatan serta untuk menjaga dan meningkatkan mutu, rumah sakit harus mempunyai suatu ukuran yang menjamin peningkatan mutu dan keselamatan pasien di semua tingkatan.


Agar terwujudnya akreditasi KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) 2012 di RSUD AM Parikesit. Rumah sakit harus melakukan berbagai standar dan prosedur yang telah ditetapkan. Rumah sakit dipicu untuk dapat menilai diri (self assesment) dan memberikan pelayanan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.


Untuk itu, RSUD AM Parikesit bekerjasama dengan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta mengadakan In House Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) serta Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) di ruang Martadipura Gedung Bappeda lantai 1 Tenggarong. Acara ini dibuka Direktur RSUD AM Parikesit dr. Martina Yulianti, Sp. PD., FINASIM serta dihadiri Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD AM Parikesit Sudjono, Kepala Bagian Pengembangan Hariyanto S, Kepala Bidang Keperawatan Hj. Heldiana, dan Kepala Bidang Penunjang Boediman Tandadjaja. Pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta yang diwakili setiap bagian/bidang/ruang/unit/instalasi yang ada di RSUD AM Parikesit sejak senin hingga rabu (9/9).


Dalam sambutannya, Direktur RSUD AM Parikesit Martina Yulianti mengatakan, dalam perkembangan masyarakat yang semakin kritis, mutu pelayanan rumah sakit tidak hanya disorot dari aspek klinis medisnya saja namun juga dari aspek keselamatan pasien dan aspek pemberian pelayananannya, karena muara dari pelayanan rumah sakit adalah pelayanan jasa.


Martina Yulianti juga berharap, peserta dapat menyerap ilmu pengetahuan, wawasan, serta mengemplementasikan di RSUD AM Parikesit pada unit kerja masing-masing sehingga tercapai pelayanan medis yang lebih baik.


dr. Santi Rini, Sp.BA selaku Ketua Komite PMKP dan SKP mengungkapkan tujuan dari pelatihan ini adalah pertama, untuk meningkatkan mutu pelayanan klinis dan mutu manajemen serta meningkatkan pemenuhan sasaran keselamatan pasien. Kedua, manajemen yang baik dan terfokus pada keselamatan pasien yang sejalan dengan visi misi dan nilai-nilai yang telah ditetapkan RSUD AM Parikesit. Terakhir agar tercapainya tujuan RSUD AM Parikesit untuk akreditasi tahun 2016.


"Adapun sasaran pelaksanaannya adalah seluruh unit yang terkait baik itu direksi manajerial, medis dan non medis agar tercapai peningkatan dan perbaikan secara berkelanjutan budaya mutu dan keselamatan pasien dalam proses pelatihan ini," ungkapnya lagi.


(rhd)


Foto bersama peserta pelatihan dengan narasumber dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta (Foto: rhd)
Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Konsultasi Kesehatan

PPID

Akreditasi

Download

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi