Pelatihan <i>Basic Life Support</i> di RSAMP Tenggarong Pelatihan Basic Life Support di RSAMP Tenggarong
26/08/2015 07:53 WITA


Peserta melakukan praktik dan simulasi terhadap korban henti pernafasan. (Foto: rhd)

Dalam upaya peningkatan sumber daya manusia terutama dalam bidang kesehatan, RSUD AM Parikesit Tenggarong kembali mengadakan pelatihan Basic Life Support (BLS) gelombang ke tiga dan keempat. Yang bertempat di aula RSUD AM Parikesit Tenggarong. Pelatihan ini diprakarsai oleh Tim Akreditasi RSUD AM Parikesit yang diikuti sebanyak 45 peserta yang terdiri dari beberapa satpam, karyawan instalasi Prasarana dan Sarana, karyawan poli kartu, karyawan admin ruangan, serta staf BPJS dan dilaksanakan selama 2 hari sejak rabu (26/8).


Untuk instruktur pelatihan BLS ini terdiri dari dokter spesialis RSAMP seperti dr. Santi Rini, Sp. BA, dr. Slamet Suswantoro, Sp. BA dan dr. Miftahul Afandi, Sp. JP.,FIHA.


Pelatihan dilakukan dengan dukungan alat peraga dan audiovisual yang meliputi teori, praktik, dan simulasi dengan berbagai macam contoh kasus yang didesain secara menarik oleh tim instruktur.


Pelatihan BLS bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menangani kegawat daruratan, khususnya dalam mengantisipasi berhentinya sirkulasi atau respirasi yang mengalami henti jantung atau henti pernafasan sehingga kematian dapat dihindari.


Pengetahuan dan keterampilan dalam menangani serta memberikan pertolongan pada korban henti jantung atau henti pernafasan memegang porsi yang paling besar dalam menentukan keberhasilan pertolongan. Semoga dengan pelatihan ini karyawan RSAMP Tenggarong lebih terampil dalam penanganan korban henti jantung atau henti pernafasan khususnya dalam lingkup Kabupaten Kutai Kartanegara.


Untuk diketahui, Pelatihan BLS ini diwajibkan untuk seluruh karyawan RSUD AM Parikesit dikarenakan RSUD AM Parikesit ingin mengikuti akreditasi nasional atau KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit). Salah satu dari syarat untuk mendapatkan akreditasi ini adalah melakukan pelatihan BLS kepada seluruh karyawan RSUD AM Parikesit.
(rhd)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download