Kejar Akreditasi, RSUD AM Parikesit Jalin Kerjasama Dengan RSUP dr Sarjito Kejar Akreditasi, RSUD AM Parikesit Jalin Kerjasama Dengan RSUP dr Sarjito
08/06/2015 14:33 WITA


Penandanganan MOU antara pihak RSUP Dr Sarjito dengan RSUD AM Parikesit Tenggarong (Foto: Candra)

Akreditasi rumah sakit pada hakekatnya adalah upaya untuk memperbaiki mutu pelayanan kesehatan rujukan. Proses akreditasi dirancang untuk meningkatkan budaya keselamatan dan mutu di rumah sakit, sehingga senantiasa berusaha meningkatkan mutu pelayanan dan keamanan pelayanan kesehatan.


Terkait hal tersebut RSUD AM Parikesit menggandeng RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta melakukan pendampingan akreditasi, ditandai dengan penandatanganan MoU, antara Direktur RSUD AM Parikesit dr. Martina Yulianti, Sp.PD dengan Direktur RSUP dr Sardjito Yogyakarta dr. M. Syafak Hanung, Sp.A, MARS disaksikan Sekkab Kukar Edi Damansyah, Kadis Kesehatan drg. Kuntijo, Senin (8/6/2015) di gedung Bappeda Kukar, Tenggarong.


Kerjasama tersebut disambut baik Sekkab Kukar Edi Damansyah mengatakan kalau mengacu kepada budaya maka harusnya aspek keselamatan dan mutu menjadi prilaku sehari-hari di rumah sakit, dan ini tidaklah mudah untuk dilakukan.
Menurut dia, tidak bisa kita pungkiri bahwa masyarakat semakin kritis untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas.


"Pemkab Kukar sangat mendukung upaya RSUD AM Parikesit untuk mendapatkan akreditasi sesuai dengan ketentuan dan peraturan berlaku. Akreditasi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang sesuai dengan visi dan misi pembangunan Kutai Kartanegara dan semangat reformasi birokrasi," katanya.


Dia juga berpesan kepada jajaran RSUD AM Parikesit agar tetap bekerja sesuai prosedur, berempati dan peduli terhadap perasaan pasien, mendahulukan kepentingan pasien daripada kepentingan lain. "Terus berupaya berikan pelayanan terbaik untuk menyelamatkan pasien," pesannya.


Sementara itu Direktur RSUD AM Parikesit dr. Martina Yulianti mengatakan, pihaknya terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien. Salah satunya menggandeng RSUP Dr.Sarjito Yogyakarta dalam hal pendampingan akreditasi. "Ini bentuk komitmen RS dalam pelayanan dan terjaminnya pasien, sehingga semua tindakan yang dilakukan sesuai prosedur," katanya.


Dia berharap dukungan Pemkab Kukar dan Dinas Kesehatan dalam mewujudkan RSUD AM Parikesit terakreditasi, "Akreditasi bukan hal yang mudah sebab semuanya berpola kepada budaya kerja, saya sangat berharap dukungan pemkab Kukar agar RSUD AM Parikesit lulus akreditasi pada paripurna 2016 mendatang," ujarnya.


Senada juga dikatakan Direktur RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Dr Syafak Hanung, Sp.A, MARS dirinya merasa yakin RSUD AM Parikesit akan lulus akreditasi. "Saya menyakini dan optimistis RSUD AM Parikesit akan lulus paripurna, dan kuncinya adalah komitmen dijajaran Direksi harus disamakan," demikian katanya (rdi)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download