Tindak lanjuti program <i>Sister Hospital</i>, RSUD AM Parikesit lakukan studi banding ke RSUP Dr. Kariadi Semarang Tindak lanjuti program Sister Hospital, RSUD AM Parikesit lakukan studi banding ke RSUP Dr. Kariadi Semarang
27/07/2015 08:04 WITA


RSUD AM Parikesit melakukan Studi Banding ke RSUP Dr. Kariadi Semarang (Foto: rhd)

SEMARANG - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad Parikesit Tenggarong (RSUD AM Parikesit) beserta rombongan yang terdiri dari kepala bidang dan sub bidang serta kepala ruang dan poliklinik mengadakan studi banding di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang. Rombongan sebanyak 37 orang dipimpin langsung direktur RSUD AM Parikesit Martina Yulianti yang diterima direktur RSUP Dr. Kariadi Bambang Wibowo di aula RSUP Dr. Kariadi, Senin (27/7).


Mengawali sambutannya Martina Yulianti mengucapkan terima kasih kepada RSUP Dr. Kariadi Semarang atas kesediaannya telah meluangkan waktunya untuk menerima rombongan dari RSUD AM Parikesit, dimana studi banding ini selain untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar kedua RS juga menindaklanjuti program sister hospital dengan RSUP Dr. Kariadi yang telah meraih predikat Akreditas KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) dan JCI (Joint Commission International) secara paripurna dan sebagai satu-satunya RS yang telah meraih predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) di Indonesia.


Martina Yulianti juga mengatakan studi banding ini lebih dimaksudkan untuk meningkatkan keterpaduan pelayanan kesehatan dalam pengelolaan RS yang benar, sebagaimana diketahui dalam penyelenggaraan RS harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan standar-standar yg telah ditetapkan agar RS dapat menjamin keselamatan pasien.


Sementara itu, direktur RSUP Dr. Kariadi Bambang Wibowo didampingi beberapa pejabat RSUP Dr. Kariadi Semarang menyambut serta mengucapkan selamat datang kepada Direktur RSUD AM Parikesit beserta rombongan yang telah berkesempatan datang berkunjung ke RSUP Dr. Kariadi Semarang. Dimana dalam studi banding ini untuk berbagi ilmu dalam bidang pelayanan kesehatan serta pembangunan Zona Integritas untuk RSUD AM Parikesit. "Tujuan dari akreditasi ini adalah bukan pada selembar kertas sertifikat semata, melainkan pada perubahan SDM yang menjadi motor penggerak Rumah Sakit," ujarnya.




Foto: rhd

"Hal-hal yang terjadi dalam proses pencapaian akreditasi inilah yang sebenarnya yang membentuk budaya yang baru, budaya yang menuju lebih baik lagi," tambahnya lagi. Proses penyusunan SOP, Identifikasi, Implementasi serta berbagai hal yang di alami inilah yang membentuk dan menemukan standar prosedur yang ideal untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


Lebih lanjut, Direktur medik dan keperawatan RSUP Dr. Kariadi Bambang Sudarmanto mengatakan bahwa pentingnya akreditasi ini bukan hanya pada perbaikan fisik Rumah Sakit saja, namun yang lebih utama adalah perbaikan SDM yang bekerja di Rumah Sakit. Oleh karena itu, setelah meraih sertifikat kelulusan, proses akreditasi ini tidak terhenti begitu saja tetapi proses itu akan terus berlanjut demi pelayanan kesehatan paripurna untuk seluruh masyarakat.


Dalam studi banding ini, rombongan RSUD AM Parikesit juga diajak melihat bagaimana RSUP Dr. Kariadi mengimplementasikan standar akreditasi yang berorientasi kepada pasien. Studi Banding ini telah disusun selama dua hari oleh pihak RSUP Dr. Kariadi dan dibagi dua kelompok yaitu, kelompok manajemen dan kelompok pelayanan yang telah disesuaikan dengan standar dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit.




JADWAL STUDI BANDING AKREDITASI KARS RSUD AM PARIKESIT DI RSUP Dr. KARIADI


(rhd)

HARI/TANGGAL WAKTU URAIAN KEGIATAN TEMPAT PEMATERI
Senin 27/07/2015 08.00 - 08.15 Pembukaan Aula Diklat Direktur Utama
08.15 - 09.00 Succes Story : Perjalanan RSUP Dr. Kariadi Menuju RS Terakreditasi Paripurna KARS Aula Diklat Direktur Medik dan Keperawatan / Ketua Tim Akreditasi
09.00 - 10.30 Overview Standar Akreditasi KARS Aula Diklat Sekretariat Akreditasi
10.30 - 10.45 COFFE BREAK Aula Diklat
10.45 - 11.30 Peran Profesi Keperawatan dalam Kesuksesan Akreditasi KARS Aula Diklat Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan
11.30 - 12.15 SKPRS Aula Diklat Ketua Tim Patient Safety
12.15 - 13.15 ISHOMA Aula Diklat
KELOMPOK PELAYANAN
13.15 - 13.45 MPO (Manajemen Penggunaan Obat) Lavender 2 dr. Adhikarmika U.
13.45 - 14.15 PAB (Pengelolaan Anastesi & Bedah) Lavender 2 dr. Septi Dewi Muninggar
14.15 - 14.45 PPK (Pendidikan Pasien dan Keluarga) Lavender 2 Poniatun, S.Kp
KELOMPOK MANAJEMEN
13.15 - 13.45 MDGs (Millenium Development Goals) Lavender 1 Yayuk Wijayanti, A.Mk
13.45 - 14.15 MKI (Manajemen Komunikasi dan Informasi) Lavender 1 Yayuk Wijayanti, A.Mk
14.15 - 14.45 KPS (Kualifikasi Pendidikan dan Staf) Lavender 1 Poniatun, S. Kp
Selasa 28/07/2015 KELOMPOK PELAYANAN
08.00 - 08.45 APK (Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan)) Lavender 2 Sapuan, S. Kep, Ns
08.45 - 09.30 HPK (Hak Pasien dan Keluarga) Lavender 2 Wening Lasmito, S. Kep, Ns
09.30 - 10.15 AP (Asesmen Pasien) Lavender 2 dr. Septi Dewi Muninggar
10.15 - 11.15 PP (Pelayanan Pasien) Lavender 2 dr. Eka Chris N.
KELOMPOK MANAJEMEN
08.00 - 08.45 PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi)) Lavender 1 Linawati NY, S. Kep, Ns
08.45 - 09.30 MFK (Manajemen Fasilitas dan Keselamatan) Lavender 1 R. Eko Sadono,S. Kep
09.30 - 10.15 PMKP (Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien) Lavender 1 drg. Sri Yuniarti Rahayu, Sp.KG
10.15 - 11.15 TKP (Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan) Lavender 1 Sri Widayati, S. ST, M. Kes
11.15 - 11.30 COFFE BREAK
11.30 - 12.15 Testimoni Ka. Ruang dalam Persiapan & Implementasi Standar Akreditasi Aula Diklat Supriyanta, S.Kep, M. Kes
12.15 - 13.00 ISHOMA
KELOMPOK PELAYANAN
13.00 - 16.00 Telusur Lapangan: IGD, IRJA (Klinik Anak), Instalasi Radiologi (Tindakan Keperawatan), Gedung Rajawali (Depo Farmasi-Ruang Rawat Inap-Ruang Tindakan), IRIN, IBS Pendamping: Junait, S.Kep,Ns, Indriani, S. Kep,Ns, dr. Septi Dewi M., dr. Eka Chris N., Wening Lasmito, S. Kep,Ns
KELOMPOK MANAJEMEN
13.00 - 16.00 Telusur Lapangan: Komite Mutu dan Keselamatan Pasien, Komite Keperawatan, Instalasi Loundry, CSSD, Instalasi Gizi, IPAL, Boiler Pendamping: drg. Sri Yuniarti Rahayu, Sp.KG, Rochyatun, S.Kep,Ns, Neneng Syamsiah, SKM, MM, Yayuk Wijayanti, A.Mk, Linawati NY, S.Kp,Ns, TIM K3
16.00-16.30 Penutupan Aula Diklat Direktur Utama
Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download