Launching Zona Integritas, SIMARI, dan pengaktifan kembali website RSUD A.M. Parikesit Launching Zona Integritas, SIMARI, dan pengaktifan kembali website RSUD A.M. Parikesit
16/07/2015 02:37 WITA


Pj Bupati Kukar melakukan pemotongan pita tanda di launching Zona integritas di RSUD A.M. Parikesit (Foto: co_hmsamp)

Tenggarong - Zona integritas adalah bagian dari reformasi birokrasi. Pihak Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad Parikesit (RSUD AM Parikesit) berkomitmen menjadi bagian dari perubahan untuk meraih agenda reformasi demi mewujudkan pemerintahan yang bersih, demokratis, dan berkeadilan.


Untuk itu RSUD AM Parikesit Tenggarong melakukan langkah-langkah strategis dalam membangun zona integritas, seperti Peningkatan kualitas layanan publik, RSUD AM Parikesit meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Admisi Rawat Inap (SIMARI) yang memungkinkan masyarakat mengetahui informasi Tempat Tidur (TT) Kosong di rumah sakit serta urutan antrian dengan lebih transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. SIMARI juga mendorong perbaikan kualitas budaya-perilaku melayani pegawai sehingga lebih bertanggung jawab dan bekerja sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Hal ini diharapkan dapat mengurai benang kusut dalam hal sulitnya mendapat TT di rumah sakit dan pada akhirnya menuju sasaran reformasi birokrasi dalam hal perbaikan kualitas perlayanan publik serta menunjang UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.


"Pihak RSUD sedang menyusun buku panduan berobat yang akan memberikan informasi kepada pasien mengenai alur rawat jalan, rawat inap, alur pasien dengan jaminan seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Jaminan kesehatan daerah (Jamkesda). Pihak RSUD juga membuka ruang pengaduan dan membuka social discourse di sosial media, serta survei kepuasan konsumen," ujar Direktur RSUD AM Parikesit dr. Martina Yulianti, Sp. PD., FINASIM pada acara launching Zona Integritas, SIMARI, dan website RSUD AM Parikesit di Aula RSUD AM Parikesit Tenggarong, Rabu (15/7).


Acara ini dihadiri Pejabat (Pj) Bupati Kutai Kartanegara HM Chairil Anwar, Ketua tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Edi Damansyah, Dewan Pengawas BLUD RSUD AM Parikesit dr Emil Bachtiar Moerad, Sp. P, Guru Besar Fakultas Hukum universitas mulawarman Prof. Sarosa Hanong Pranoto, DR. Drs. EC. HAMP Haryanto Bachroel, MM mewakili tokoh masyarakat Kutai Kartanegara, para kepala SKPD Kutai Kartanegara, para dokter spesialis RSUD dan tamu undangan.



direktur RSUD AM Parikesit dr martina yulianti saat sambutan launching Zona Integritas, SIMARI dan website
Foto: co_hmsamp

Lebih lanjut martina yulianti juga mengatakan, Pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia baik untuk kalangan medis, paramedis ataupun manajemen dilakukan dengan melakukan pelatihan emotional spiritual quotient (ESQ), pelatihan service excellent bekerjasama dengan Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UNAIR Surabaya, melakukan roadmap pengembangan, membuat kebijakan tentang pola rekruitmen SDM, pola mutasi SDM, diklat dan pengembangan kompetensi, serta sosialisasi PP no. 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai.


Menurut Martina Yulianti, ada metode khusus yang akan diterapkan, yakni Penguatan akuntabilitas dan penataan Pengawasan. Prinsip akuntabilitas dilakukan dengan melakukan review dokumen perencanaan maupun pelaporan apakah sudah sesuai dg kaidah SMART serta malakukan pelaporan LHKPN maupun LKHASN. Upaya penataan dilakukan dengan membuat unit pengendali gratifikasi, sosialisasi unit pengendalian gratifikasi, survei CEE, melakukan rekonsiliasi pengadaan barang jasa serta aset per triwulan, serta pembuatan whistle blowing system yang terintegrasi melalui website.


Pengembangan sistem pelayanan yang terintegrasi melalui website bukanlah sekedar realitas digitalisasi, tetapi merupakan pengembangan dan pembangunan sumberdaya manusia, pembangunan nilai dan kultur organisasi, serta pembangunan mentalitas sumberdaya manusia.


Pengembangan sistem pelayanan secara online merupakan bagian dari determinisme teknologi yang memungkinkan terjadinya proses demokratisasi, transparansi, akuntabilitas, dan memungkinkan terjadinya interaksi komunikasi yang intens dan berkualitas diantara internal dan eksternal publik untuk dapat memberikan service excellent yang profesional, peduli, adil, tulus dan mengembangkan kebersamaan kepada seluruh stakeholders kesehatan dengan lebih efektif dan efisien.


Dalam pemaparan Ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Edi Damansyah mengatakan bahwa RSUD AM Parikesit merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang telah ditunjuk melalui Surat Keputusan Bupati Kutai Kartanegara untuk di nilai oleh Kemenpan-RB pada bulan September 2015 dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih melayani (WBBM).


"Dari lima SKPD yang ditunjuk Bupati Kutai Kartanegara, RSUD AM Parikesit merupakan SKPD yang progress nya paling cepat dan paling baik dari SKPD yang lain," tambah Edi Damansyah lagi.


Sementara itu, Pj Bupati Kutai Kartanegara Chairil Anwar menginginkan agar untuk kedepannya dibuat sistem yang bisa terintegrasi langsung ke seluruh puskesmas di Kutai Kartanegara agar pasien sakit yang mendapat rujukan puskesmas bisa langsung tertangani oleh para dokter RSUD.




dr. Chistofel Koray Tooy, Sp. PD., FINASIM mewakili dokter spesialis RSUD dalam penandatanganan Pakta Integritas
Foto: co_hmsamp

"Jadi pasien puskesmas dan petugas puskesmas tidak perlu repot lagi menjelaskan apa penyakit nya karena data dan penyakit pasien sudah diketahui pihak RS melalui sistem dan pihak RS sudah harus menyiapkan para dokter spesialis untuk menangani pasien tersebut sesuai penyakit nya," ungkap Chairil Anwar lagi.

Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pemotongan pita tanda di launching nya zona integritas, SIMARI, dan website RSUD serta penandatanganan Pakta Integritas oleh para dokter spesialis RSUD dilanjutkan peninjauan langsung ke unit SIMARI bagaimana SIMARI berjalan.

(rhd)


foto bersama Pj bupati, dewan pengawas rsud, ketua tim pelaksana RB, pakar hukum, dan direktur setelah selesai acara launching zona integritas (Foto: co_hmsamp)
Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download