Minggu, 24 September 2017
Dengan ESQ Bangun Budaya Organisasi yang Melayani Dengan ESQ Bangun Budaya Organisasi yang Melayani
30/03/2015 09:12 WITA


Pelatihan ESQ bagi karyawan RSUD AM Parikesit digelar di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong (Foto: Candra)

Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan/instansi dalam rangka menciptakan suatu kebiasaan dan pembiasaan professional dalam pekerjaan yang berasal dari keinginan dan hasrat dari pegawai itu sendiri dengan komitmen dan sikap kerja yang mendukung serta kinerja pegawai yang tinggi. Sehingga menjadi suatu kebiasaan dalam bekerja yang sesuai dengan visi misi dari perusahaan/instansi itu sendiri.


Begitu juga dalam konteks budaya kerja yang berlaku di Rumah Sakit Umum Daerah A.M. Parikesit Tenggarong. Tentunya banyak cara yang ditempuh untuk membentuk budaya kerja yang sesuai dengan visi misi dan moto RSUD itu sendiri. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan Emotional Spritual Quotient (ESQ).


ESQ adalah sebuah metode pelatihan pembentukan karakter yang sistematis, yang didalamnya membahas bagaimana membangun karakter dengan menggabungkan tiga kecerdasan sekaligus yaitu Intelektual Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) seseorang.


RSUD A.M. Parikesit Tenggarong bekerjasama dengan Lembaga Training Sumber Daya Manusia ESQ mengadakan pelatihan ESQ di Grand Elty Singgasana Hotel, Tenggarong. Pelatihan ini diikuti sebanyak 200 karyawan RSUD A.M Parikesit yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, karyawan, dan keamanan yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 27-29 Maret.


Dalam sambutannya dr. Martina Yulianti, Sp. PD., FINASIM mengatakan, seorang pemimpin yang berkarakter tidak akan hilang sampai kapanpun, setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri.


Seorang pemimpin tidak hanya mampu memahami dan mengindentifikasi masalah tetapi juga mampu menyelesaikan masalah. Dalam kesempatan itu, direktur juga mengajak para karyawan RSUD untuk bekerja serta melayani dengan niat dan hati yang baik dan bersih dalam memberikan pelayanan kesehatan dan manajerial didalam lingkup RSUD.Hidup ini akan bermakna jika kita bermanfaat bagi orang lain.


"Kita semua tau visi dan misi RSUD dan yang lebih penting langkah-langkah konkrit menuju visi misi tersebut agar kita dapat meraih predikat rumah sakit yang berstandar internasional. Kita harus membangun budaya kerja yang baik karena tanpanya akan sulit sekali bagi kita untuk menuju tujuan bersama," ujarnya.


Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan dr. Haryanto mengatakan bahwa karyawan RSUD harus mampu meningkatkan skill, sarana dan prasarana dan yang paling mendasar adalah peningkatan kualitas SDM. Sehebat dan sepintar apapun latar belakang teman-teman, peningkatan kualitas SDM dimulai dari hati. Pelatihan tersebut diatas adalah kegiatan ESQ angkatan ketiga dengan pembicara Rinaldi Agusyana dan Idham Kholik. Pelatihan ESQ ini diakhiri dengan foto bersama. (rdi)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Konsultasi Kesehatan

PPID

Akreditasi

Download

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi