KemenPANRB Kembali Serahkan Penghargaan ke RSUD A.M Parikesit Sebagai Pelayanan Publik Terbaik Se-Indonesia KemenPANRB Kembali Serahkan Penghargaan ke RSUD A.M Parikesit Sebagai Pelayanan Publik Terbaik Se-Indonesia
29/11/2018 08:24 WITA



Reformasi Birokrasi yang telah bergulir beberapa tahun terakhir ini turut mengungkit perbaikan pelayanan publik di Indonesia. Undang - Undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pun hadir sebagai acuan bagi setiap institusi Pelayanan Publik dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, Deputi Pelayanan Publik Kementrian PAN-RB setiap tahun menetapkan daerah Role Model untuk di evaluasi kepatuhan nya terhadap UU tersebut, dan 3 unit yang di nilai adalah RSUD, DPMPTSP serta Disdukcapil. Tahun 2016 terdapat 52 Daerah Role Model dan bertambah dari tahun ke tahun yaitu 72 Daerah pada tahun 2017, serta 34 Provinsi dan 208 Daerah pada tahun 2018.

RSUD AM Parikesit telah mendapat penilaian tertinggi diantara 52 RSUD Kab/Kota se Indonesia dengan kategori SANGAT BAIK pada tahun 2016, dan menjadi satu-satunya yang mendapat nilai A (PRIMA ) dari seluruh unit kerja yang di nilai pada tahun 2017. Dengan pencapaian tersebut membuat banyak RSUD dari berbagai Kabupaten/Kota melakukan studi tiru ( Benchmark) ke RSUD AM Parikesit. Sebagai Role Model, Parikesit selalu berusaha memberi motivasi dan menginspirasi Rumah Sakit Daerah di Indonesia untuk memperbaiki kualitas Pelayanan Publiknya melalui pembenahan 6 unsur meliputi : Kebijakan Pelayanan yang berfokus pada pelanggan, Penataan Profesionalisme SDM, Pemenuhan Sarana Prasarana yang layak, Sistem Informasi Pelayanan Publik yang memungkinkan institusi pelayanan publik mudah di akses oleh masyarakat, Konsultasi dan Pengaduan untuk mendorong partisipasi masyarakat serta Inovasi.

Pada tahun ini, berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 176 Tahun 2018 tentang Penetapan Kementerian/Lembaga, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik sebagai Lokasi Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2018, dilakukan evaluasi pada unit penyelenggara pelayanan publik di 34 provinsi dan 208 di tingkat kabupaten/kota.

RSUD AM Parikesit kembali mendapatkan penilaian Prima (A) dan berhasil membawa Bupati Kutai Kartanegera menjadi satu-satunya daerah yang memiliki 2 unit kerja dengan nilai A.

Hasil evaluasi tahun 2018 ini sebanyak 16 unit penyelenggara pelayanan dengan kategori A (kategori pelayanan prima). Hal ini mengalami lonjakan peraih kategori pelayanan prima, dibanding tahun lalu yang baru satu, yakni RSUD A.M. Parikesit Kabupaten Kutai Kartanegara.

Unit Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima
1 DPMPTSP Provinsi Riau
2 DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta
3 DPMPTSP Provnsi Jawa Tengah
4 DPMPTSP Kota Batam
5 Disdukcapil Kota Metro
6 RSUD Kota Bogor
7 RSUD Kota Balikpapan
8 DPMPTSP Kabupaten Banyuwangi
9 Disdukcapil Kota Banjarmasin
10 DPMPTSP Kota Samarinda
11 RSUD Kabupaten Cilacap
12 DPMPTSP Kota Yogyakarta
13 DPMPTSP Kabupaten Kutai Kartanegara
14 RSUD Kabupaten Kutai Kartanegara
15 RSUD Kota Makassar
16 RSUD Kabupaten Gunung Kidul (hms)

Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download