RSUD A.M. Parikesit Kembali Terima Penghargaan dari KemenPANRB RSUD A.M. Parikesit Kembali Terima Penghargaan dari KemenPANRB
25/01/2018 06:33 WITA



Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) kembali memberi penghargaan kepada RSUD A.M. Parikesit dalam hal pelayanan publik.

Setelah tahun lalu (2016) menduduki peringkat tertinggi pada kategori "sangat baik" diantara RSUD Kab/Kota di Indonesia, maka pada tahun 2017 RSUD AM Parikesit menjadi unit penyelenggara pelayanan publik satu-satunya dan yang pertama mendapat nilai A (kategori Pemberi Pelayanan Prima).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dwi Wahyu Atmaji kepada plt Bupati Kutai Kartanegara bpk Drs Edi Damansyah, M.Si dan didampingi oleh Direktur RSUD A.M. Parkesit dr Martina Yulianti S.PD FINASIM, MARS di ruang serbaguna KemenPANRB Jakarta Rabu 24/1.

Kategori Pelayanan Prima yang diraih merupakan kategori tertinggi dari hasil evaluasi KemenPANRB terhadap 72 kabupaten/kota di Indonesia pada tahun 2017. Capaian RS milik Pemkab Kukar ini tidak hanya tertinggi di kelompok RSUD namun juga tertinggi di kelompok Disdukcapil dan DPMPTSP yang telah di tetapkan menjadi role model.

Deputi Pelayanan Publik KemenPANRB Diah Natalisa mengatakan tahun ini KemenPANRB melakukan penyempurnaan terhadap indikator dan instrumen penilaian dari tahun-tahun sebelumnya.

Penilaian tahun ini menggunakan Instrumen indeks pelayanan publik. Indikator yang digunakan adalah hasil dari persilangan antara enam aspek dan enam prinsip. Enam aspek tersebut adalah, Pelayanan, Profesional SDM, Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi & Pengaduan serta Inovasi. Sementara enam prinsip yaitu, Keadilan, Partisipasi, Akuntabilitas, Transparansi, Berdayaguna, dan Aksebilitas. Selain penilaian terhadap indikator tersebut, Tim KemenPANRB juga turun langsung untuk melakukan survey langsung kepada Masyarakat penerima layanan.

Dari hasil tersebut RSUD A.M Parikesit ditetapkan sebagai satu-satunya dan yang pertama meraih predikat Pelayanan Prima. Pelayanan prima merupakan unit pelayanan yang sudah menerapkan seluruh aspek dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang baik sesuai dengan Peraturan perundang-undangan dan terus melakukan terobosan yang menunjang pelayanan publik.

" yang menarik, tahun ini kami hanya mendapatkan satu Instansi penyelenggaraan pelayanan publik yang masuk kategori Pelayanan Prima, artinya memenuhi semua aspek dan indikator yang ditetapkan. Dan predikat di tersebut di raih oleh RSUD AM Parikesit Kutai Kartanegara." Ucap diah

Dalam sambutanya MenPANRB Asman Abdur menyampaikan bahwa pantauan dan evaluasi ini dilakukan sebagai amanat dari Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Dikatakan Monitoring dan evaluasi ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran sudah sejauh mana kepatuhan instansi pemerintah terhadap pelaksanaan Undang-Undang tersebut.

"Saya mengimbau agar para pimpinan di tiap unit penyelenggara layanan dapat terus melakukan inovasi dan tidak cepat berpuas diri. Selain itu diharapkan kepada para penerima penghargaan dapat menjadi role model bagi unit penyelenggara layanan lainnya, dan menjadi pemicu perbaikan kualitas pelayanan publik kedepan". Tegas Asman.

Plt Bupati Kutai Kartanegara menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada direktur RSUD AM Parikesit beserta jajarannya dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, yang mana hal tersebut merupakan salah satu dari roadmap reformasi birokrasi Kabupaten Kutai Kartanegara.

Apa yang telah dicapai ini diharapkan agar jajaran manajemen RSUD A.M Parikesit tidak berpuas diri, namun harus ditingkatkan terus ke depannya. Hal ini seiring dengan tuntutan/harapan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya RSUD A.M Parikesit akan layanan yang lebih baik dan berkualitas. Komitmen harus tetap dijaga apapun yang dicapai dalam melaksanakan tugas semuanya untuk masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Pada kesempatan ini juga kami terus meminta partisipasi seluruh masyarakat supaya aktif memberikan masukan, saran dan kritik membangun untuk perbaikan layanan yang terus menerus di Kabupaten Kutai Kartanegara" Ucap Edi.

Sementara Direktur RSUD A.M Parikesit dr Martina Yulianti S.PD FINASIM, MARS menjeaskan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja tim yang solid di jajaran manajemen serta seluruh pegawai RSUD AM Parikesit.

"Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan RSUD AM Parikesit atas semua perjuangannya dalam mewujudkan ini. Semoga kami dapat menjaga amanah ini dengan baik dan selalu menjadi RS kebanggaan dan kesayangan masyarakat Kutai Kartanegara" Ucap Yuli.
(cnd)



Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download