Rangsang Kreatifitas, RSAMP Gelar Kaizen Event 2017 Rangsang Kreatifitas, RSAMP Gelar Kaizen Event 2017
02/09/2017 06:17 WITA



Tim budaya RSUD A.M Parikesit sukses menggelar Kaizen Event #1 2017 yang di ikuti oleh 19 tim dari Instalasi dan Unit dilingkungan RSUD A.M. Parikesit. Kamis, 31 Agustus 2017.

Kaizen event merupakan sebuah event penjaringan ide-ide kreatif dalam menerapkan strategi Lean Manufacturing di RSUD A.M. Parikesit. Istilah Kaizen berasal dari bahasa Jepang yaitu kata KAI dan ZEN. Kata "KAI" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti "berubah" sedangkan "ZEN" yang artinya adalah "Baik". Jika diartikan secara langsung maka arti Kaizen adalah "Merubah menjadi lebih baik". Kaizen bertujuan untuk menghasilkan pelayanan yang berkualitas tinggi dengan waktu pelayanan lebih singkat, biaya lebih rendah melalui upaya - upaya menghilangkan waste atau pemborosan dalam hal Defects, Overproduction, Waiting, Not utilizing talent, Transportation, Inventory excess, Motion waste, Excess processing (DOWNTIME).


Salah Satu peserta mempresentasikan idenya
Foto: rz

Menjadi pemenang dalam event ini adalah tim Punai 3 dari IRNA dengan Ide Kaizen "Darvidost". Darvidost adalah sebuah tool yang di gunakan untuk mengidentifikasi lokasi pasien dari masing-masing dokter penanggungjawab pelayanan (DPJP). Dengan darvidost perawat dengan cepat mengetahui letak pasien dan dapat dengan cepat membantu dokter visite. Perawat akan sangat cepat mempersiapkan berkas pasien. Hal ini penting mengingat didalam 1 ruangan terdapat banyak pasien dengan bermacam-macam DPJP. Dengan kemenangan tersebut, tim Punai 3 dan 3 juara lainya berkesempatan mewakili RSUD A.M. Parikesit dalam ajang Kaizen Festival Nasional di Jakarta bulan Oktober mendatang.

Direktur RSUD A.M. Parikesit yang juga menjadi salah satu juri dalam event tersebut menyatakan apresiasi nya pada semua ide yang ditampilkan. Semuanya keren dan kreatif. "Saya sangat bangga dengan semua peserta kaizen event, sekecil apapun ide nya, itu telah memberi isyarat pada saya bahwa karyawan RDUD AM Parikesit telah menunjukkan nilai Peduli dan Profesional yang merupakan nilai - nilai dasar Organisasi kita. Hal ini berarti nilai dasar kita telah mulai menjadi budaya di RS kita" ucap Martina.


Talk Show Budaya
Foto: rz

Selain Kaizen Event acara ini juga diawali dengan Talk show budaya yang menghadirkan Wakil direktur Umum dan Keuangan RSUD A.M. Parikesit bapak Sudjono dengan tema Mr. Sudjono the Inspiring. Talks Show kali ini dirasa tepat karena hari itu merupakan hari terakhir masa tugas Sudjono di RSUD A.M. Parikesit karena beliau telah memasuki masa pensiun. Komitmen dan kerja keras beliau dalam pengabdiannya pada organisasi menjadi take home message dari talkshow tersebut, agar dapat di contoh oleh generasi muda RSUD AM Parikesit. (RS)


Foto Pemenang
Pendaftaran Online

Saran/Kritik

Akreditasi

Konsultasi Kesehatan

Pojok Zona Integritas

Whistleblowing System

Unit Pengendalian Gratifikasi

PPID

Download